Artikel terpopuler

Minggu, 29 Maret 2015

Kerajinan Cor Kuningan Desa Wisata Bejijong

Desa Wisata Bejijong merupakan desa yang menjadi sentra industri cor kuningan. Desa Bejijong terletak di Kecamatan Trowulan. Dari simpang empat trowulan ke arah barat kurang lebih 500 meter dari perbatasan kabupaten Mojokerto dan kabupaten Jombang kearah timur. Untuk menuju lokasi sentra industri ini sangat mudah, dapat dicapai segala transportasi dan berada di jalan poros Surabaya-Jombang.

Di desa bejijong ini banyak pengusaha kerajinan cor kuningan. Terdapat sekitar 50 produsen dan 4 pemasar dengan kapasitas produksi 1000 biji/produsen/bulan. Produk yang dihasilkan berupa hiasan interior dan eksterior dari kuningan misal: model hewan, patung budha, replika candi Majapahit, miniatur kereta, asbak, gantungan kunci, dan lain-lain.

Daerah pemasaran utama hasil kerajinan cor kuningan ini adalah bali dan mancanegara, sehingga dapat dikatakan bahwa produk yang dihasilkan berkualitas eksport. Disentra industri cor kuningan desa bejijong ini pengunjung selain dapat berbelanja souvenir juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatannya. Pada tahun 2007 Desa Bejijong ditetapkan sebagai Desa Wisata dengan sebutan Lembaga Desa Wisata (Ladewi) Gajahmada. Anda tertarik untuk berkunjung dan melihat proses kerajinan cor kuningan di desa wisata bejijong?

0 komentar:

Posting Komentar