Artikel terpopuler

Rabu, 18 Maret 2015

CANDI BRAHU



Candi Brahu terletak di Desa Bejijang Kecamatan Trowulan, Mojokerto, sekitar 1 kilometer dari pusat kota kecamatan arah utara. Candi Brahu terbuat dari bahan batu bata, menghadap kea rah barat. Denah berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 18 x22,50 meter dan tinggi yang tersisa sampai sekarang 20 meter.


Secara vertical bangunan-bangunan di Candi Brahu ini dibagi  menjadi 3 bagian yaitu bagian kaki yang merupakan bagian bangunan terbawah sampai bangunan bilik dan selaras, bagian tubuh yang merupakan bagian bangunan yang berdiri diatas kaki yang berfungsi sebagai penutup bilik dan penyangga atap, bagian atap merupakan bagian teratas bangunan yang berfungsi sebagai penutup bilik.

Ditilik dari gaya bangunan dan sisa profil pada bagian atas candi sisi tenggara, kemungkinan candi ini adalah jenis candi agama Budha dan diperkirakan berdiri pada abad 15 Masehi. Pendapat lain ada yang memperkirakan Candi Brahu lebih tua dari candi-candi wilayah Trowulan. Candi Brahu telah dipugar mulai 1990 dan selesai tahun 1995. Sekian ulasan singkat tentang Candi Brahu.



sumber artikel: disbudpar provinsi jatim, 

0 komentar:

Posting Komentar