Artikel terpopuler

Rabu, 18 Maret 2015

CANDI BAJANG RATU




Candi Bajangratu berlokasi di Desa Temon, Kecamatan Trowulan. Jarak dari kota Surabaya sekitar 72 kilometer dapat dicapai dengan kendaraan roda dua, mobil, maupun bus. Transportasi umum yang dapat mencapai kesana hanya ojek dari simpang empat Trowulan. Gapura Candi Bajangratu berbentuk Paduraksa (gapura beratap), mempunyai sayap di kanan dan kirinya.
Terbuat dari bata kecuali lantai dasarnya terbuat dari batu. Candi Bajangratu Berukuran tinggi 16,1 meter, panjang 11 meter dan lebar  6,7 meter relief yang menghiasi dari atas ke bawah antara lain berupa mata satu, kepala garuda, matahari diapit naga, kepala kala diapit singa, binatang bertelinga panjang. Adapun relief yang bertema cerita adalah relief Ramayana dan relief Sri Tanjung yang dipahatkan pada bagian sayap.

Gapura Candi Bajangratu dihubungkan dengan Prabu Jayanegara, Raja kedua Majapahit, yang meninggal dalam keadaan belum beristri (bujang). Sehingga fungsi sebenarnya bukan sebagai pintu masuk menuju kraton Majapahit melkainkan menuju kesuatu bangunan suci, tempat perabuan Prabu Jayanegara. Jika anda sedang melewati kota Mojokerto, tidak ada salahnya untuk mampir ke Candi Bajangratu.




sumber : disbudpar prov. jawa timur

0 komentar:

Posting Komentar