Artikel terpopuler

Rabu, 18 Maret 2015

CANDI WRINGIN LAWANG



Candi Wringin Lawang, kadang disebut juga Candi Jatipasar, terletak di Dusun Wringinlawang, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Mojokerto, wisatawan bisa masuk dari kilometer 11 jalan raya Mojokerto-Jombang masuk kurang lebih 200 meter. Karena dekat dengan jalan provinsi, maka sangat mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.




Candi Wringin Lawang berbentuk gapura. Keseluruhan terbuat dari batu bata dengan arah hadap timur barat. Berukuran 13 x 11,50 meter dan memiliki tinggi 15,50 meter. Bangunan ini termasuk tipe candi bentar, yaitu gapura tanpa atap. Candi bentar biasanya berfungsi sebagai gerbang luar suatu komplek bangunan. Umumnya orang menghubungkan dengan gapura masuk ke ibukota Majapahit, namun secara pasti belum dapat diketahui apakah gapura ini merupakan gerbang kraton atau bangunan lain. Hanya diperkirakan sebagai pintu gerbang salah satu kompleks bangunan yang berada di Kotaraja Majapahit.

Di sekitar gapura Candi Wringin Lawang ditemukan 15 sumur tua berbentuk segi empat dan silindris, yang tersebar disebelah barat daya 14 buah dan tenggara 1 buah. Tidak jauh dari gapura saat ini telah dibangun panggung pementasan. Pada setiap bulan Ruwah penanggalan Jawa, diselenggarakan ruwat Desa Jatipasar dengan menggelar pagelaran wayang kulit. sekian ulasan tentang Candi Wringin Lawang.



sumber disbudpar prov jawa timur
gambar  http://www42.tok2.com

0 komentar:

Posting Komentar